Latest News

Selasa, 02 April 2019

Pengawas Koperasi Se Kota Probolinggo Mengikuti Bimtek Sistem Pengendalian Intern TA. 2019


Pengawas Koperasi Se Kota Probolinggo Mengikuti Bimtek Sistem Pengendalian Intern TA. 2019, Bimtek tersebut dilaksanakan oleh Seksi Pengawasan Bidang Koperasi DKUPP dengan dihadiri oleh 50 Pengawas Koperasi. Kegiatan yang bertempat di Ruang Pertemuan PDAM Kota Probolinggo dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian yang diwakili oleh Ibu Maria Theresia D, S.Sos selaku Kepala Bidang Koperasi. Adapun yang bertindak selaku narasumber bimtek adalah widyaiswara dari UPT. Pelatihan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur.

Dalam koperasi diperlukan proses pengawasan atau pengendalian atas seluruh aktivitas koperasi agar setiap kesalahan dan penyimpangan dalam koperasi tidak berlangsung lama dan segera dapat di atasi. Untuk itu pengurus harus mendesain  dan membangun suatu sistem pengendalian yang memadai salah satunya adalah sistem pengendalian intern atau biasa disebut dengan istilah SPI.

Dalam sesi paparan materi Widyaiswara menitik beratkan pada 3 tujuan utama sistem pengendalian intern Koperasi yaitu sbb :
  1. Keandaalaan informasi dalam pelaporan keuangan, yaitu keakuratan data akuntansi yang disajikan dalam laporan keuangan, melalui sistem dan prosedur yang melibatkan paling tidak tiga personal, yaitu pemegang otorisasi, pelaksana transaksi dan yang melaksanakan pencatatan atau pelaporan.
  2. Kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku yang meliputi aspek operasi dan administrasi yang harus menjadi acuan para pengurus, pengawas anggota dan karyawan, seingga seluruh kebijakan manajemen dapat dipatuhi.  
  3. Peningkatan efektivitas dan efisiensi operasi, Pengendalian intern mengatur mengenai perencanaan kegiatan, penyusunan budget, dan penetapan sistem dan prosedur. Kepatuhan terhadap sistem pengendalian intern,  berarti mematuhi rencana, budget, sistem dan prosedur sehingga mendorong tercapainya efektivitas dan efisiensi.
Semoga dengan Bimbingan Teknis SPI ini para pengawas Koperasi bisa lebih meningkatkan perannya untuk bersama-sama mengembangkan koperasi yang lebih kuat, sehat dan mandiri. (AcikoNews)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kontak Kami :

Sekretariat e-Buletin Zona UMKM :
Bidang Koperasi DKUPP
Jl. Mastrip No. 155 Kota Probolinggo
Jawa Timur